Beranda > CompuTIC, Lain-lain, StatisTIC > perkenalan data mining

perkenalan data mining

-mau nulis yang agak serius dikit ahh-

berkenalan dengan data mining, sebelum saya menjabarkan tentang apa itu data mining, saya ingin bercerita tentang awal mula keterlibatan saya dalam data mining. sebelumnya sekitar 3 tahun yang lalu saya memasuki dunia telco, pada awalnya saya cukup dibuat kebingungan, apa yang harus saya kerjakan?? karena basic saya di bidang research dengan metode statistika yang saya pelajari di kampus. lalu memasuki dunia telco dan kebetulan ‘kecemplung’ di bagian CRM (Customer Relationship Management) .

awal mula saya bekerja diperkenalkan dengan yang namanya database, term yang sudah saya kenal namun kurang akrab. biasanya database itu sejalan dengan bahasa yang digunakannya untuk memperoleh data dari database yaitu SQL (Structured Query Language). emmhh,..jadi belajar hal baru and it’s so interesting. jadi yang pertama saya lakukan adalah mempelajari data yang ada. untung ketika kuliah dulu sempet ikutan mata kuliah basis data. jadi remind me again.

ini ada kaitannya lho dengan awal mula data mining, dimana semua data yang ada terkumpul dalam sebuah database, biasanya data transaksi perusahaan, data pelanggan, dll. lama-kelamaan data ini menjadi banyak namun unusefull. akhirnya munculnya data mining yang ‘seolah-olah’ jadi dewa penolong untuk mencari insight dari suatu database dengan melihat pattern dari data itu. selain itu saya juga menemukan term datawarehouse, datawarehouse ini merupakan kumpulan dari seluruh database yang ada di perusahaan. dengan adanya datawarehouse, data mining akan lebih mudah dalam mengolah data karena data yang digunakan telah disediakan semua oleh datawarehouse.

akhirnya, alhamdulillah bisa masuk ke dunia baru penerapan statistika yaitu data mining yang merupakan gabungan beberpa disiplin ilmu seperti statistika, artificial intelligence, machine learning, database, dll. semoga bisa bermanfaat. nanti dilanjutin lagi deh tulisannya.

  1. kiri
    Maret 27, 2011 pukul 8:05 PM

    mau nanya,
    karakteristik dari data mining apa ya?
    saya bingung mencarinya…
    saya ada tugas soalnya untuk mengetahui karakteristik data mining.
    terima kasih

    ps, klo bisa, kasih tau secepatnya. thank’s

    • Maret 28, 2011 pukul 6:35 AM

      sepengetahuan saya, ini bisa jadi bahan diskusi :
      1. data mining itu digunakan untuk mengolah data dalam skala besar.
      2. karena data yang diolah itu besar, maka data yang diolah biasanya tersimpan di database (datawarehouse).
      3. data mining itu gabungan antara metode statistika dan artificial intelligence.
      demikian dari saya…

  2. kiri
    Maret 28, 2011 pukul 6:49 PM

    kalau itu karakteristiknya, terima kasih untuk bahan nya…
    mungkin saya akan mendiskusikannya dengan tmn2 saya dan dosen saya…
    sekali lagi terima kasih ya…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar